Kia Sportage Terbaru Muncul dengan Tampang Agresif

Kia Sportage Terbaru Muncur dengan Tampang Agresif

topmetro.news – Satu bulan lalu, Kia Sportage terbaru muncul dengan wajah yang lebih agresif. Kini, pabrikan asal Korea itu mengenalkan berbagai teknologi dan mesinnya.

Senior Vice President and Head of Global Brand and Costumer Experience Division Artur Martins mengklaim Kia Sportage generasi kelima ini merupakan SUV yang unggul dengan tingkat keselamatan, mesin yang responsif, dan efisien.

“Sportage baru kami adalah inspirasi sejati untuk kategori SUV dalam segala hal,” ujar Artur dalam keterangan resminya, Rabu (7/7/2021).

Kia Sportage terbaru itu, sebutnya, juga memiliki kelapangan yang lebih dari generasi sebelumnya. Secara dimensi, Kia Sportage memiliki ukuran panjang 4.660 mm, lebar 1.864 mm, dan tinggi 1.660 mm.

Mobil ini menggunakan platform dari Hyundai Kia N3 yang sudah mereka gunakan pada Kia Sorento, Hyundai Tucson, dan Hyundai Santa Cruz.

Bila dibandingkan generasi keempat, Sportage terbaru ini lebih bongsor. Ukurannya 180 mm lebih panjang, 10 mm lebih lebar, dan 25 mm lebih tinggi. Tambah lagi jarak sumbu rodanya juga memanjang sekitar 85 mm. Dengan ukuran tersebut rasa-rasanya bisa melawan mobil seperti Honda CR-V dan Toyota RAV4.

Mesin dan Bahan Bakar

Sementara di balik bonetnya, Kia Sportage saat peluncuran akan tersedia dua pilihan mesin; bensin dan diesel. Mesin ini katanya sudah mengalami pembaruan dari model sebelumnya.

Pertama, Kia Sportage bakal menggunakan mesin bensin empat silinder TGDI turbocharged 1,6 liter. Namun tenaga meningkat jadi 180 PS (177 HP). Sementara torsi puncak tetap pada 265 Nm.

Tenaga itu tersalur dengan pilihan transmisi dual-clutch automatic 7 percepatan (7DCT) dan manual enam percepatan.

Kutipan dari Paultan, mesin ini mampu menghasilkan angka konsumsi bahan bakar gabungan rata-rata sebesar 12,5 km per liter.

Selain mesin bensin, Kia Sportage juga memberikan pilihan jantung diesel 2.0 liter empat silinder Variable Geometry Turbo (VGT). Bertenaga 186 PS (183 HP) dan torsi 417 Nm. Tenaga tersebut tersalur melalui gearbox otomatis 8-percepatan. Sementara konsumsi bahan bakarnya mencapai 14,6 km per liter.

Mobil ini juga memiliki empat pilihan mode berkendara. Yakni pengaturan otomatis, salju, lumpur, dan pasir.

Nantinya, Kia Sportage akan ada model hybrid yang menggunakan mesin 1.6 liter turbo, serta varian plug-in hybrid.

BACA | Suzuki Jimny Lite, Versi Termurah yang Segera Hadir

Fitur Kia Sportage Gen 5

Kia Sportage generasi kelima ini juga menawarkan beragam fitur canggih sebagai asisten mengemudi. Di antaranya; Electric Control Suspension (ECS), Drive Mode dengan Terrain Mode, Highway Driving Assist (HDA), Navigation-based Smart Cruise Control (NSCC), Forward Collision Avoidance Assist (FCA), Blind Spot Collision Aviodance Assist (BCA), Blind Spot View Monitor (BVM) dan Remote Smart Parking Assist (RSPA).

Belum ada informasi mengenai harga Kia Sportage yang bakal meluncur tahun ini. Namun beberapa media menyebut kalau mobil ini menurut perkiraan harganya di Korea Selatan mulai dari 24,45 juta Won sekitar Rp311 jutaan (kurs 1 won = Rp12,74). Hingga 31,85 juta Won (Rp405 jutaan).

Apakah bakal masuk Indonesia? Kita tunggu saja

sumber| detikOto

Related posts

Leave a Comment